Sunday, January 17, 2016

Penyebab dan Solusi Ketika Mengidap Insomnia

Penyebab dan Solusi Ketika Mengidap Insomnia

Insomnia menurut Wikipedia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan yang terjadi berulang-ulang ketika hendak mau tidur, pun dengan penyebabnya yaitu akbiat dari psikilogis, dan kemudian hal yang paling ampuh adalah dengan berkonsultasi dengan pakar psikolog atau melakukan terapi, terapi ini bernama Terapi Kognitif.

Penyebab dan Solusi Ketika Mengidap Insomnia

Penderita insomnia pada umumnya akan merasakan gelisah dan merasa terbebani, dimana perasaan terbebani ini yang membuat seseorang susah untuk tidur yang tak jarang berujung frustasi, apalagi kalo besok ada agenda revisi dari dosen jam tujuh pagi.

Seperti yang di rasakan admin semalam, Insomnia yang terus saya alami dua malam terakhir ini dan kemudian dengan beberapa cara, akhirnya saya bisa tidur kembali dengan nyenyak, mau tahu tipsnya? akan saya paparkan di bawah ini :

Penyebab Insomnia:
  • Stres entah itu masalah kantor, masalah rumah tangga, sekolah dan lainnya sehingga ketika hendak tidur posisi pikiran dan badan kita harus se-rileks-rileksnya. dan kemudian susah tidur di sebabkan badan yang sudah rileks namun pikiran masih memikirkan sesuatu.
  • Pola hidup yang berubah drastis, misalnya dalam hidup setiap harinya kita di mulai dari A-B-C-D tetapi pola yang tidak beraturan dan berubah secaradrastis akan menganggu kelangsungan psikis kita, yang membuat susah untuk tidur.
  • Suasana, dimana suasana yang tidak sesuai mood kita, seperti suasana yang lagi di gunung perkemahan atau suasana dimana warna-warna tempat ruangan sekitar tidak sesuai dengan mood untuk tidur anda.
  • Kemudian, Merasa tegang atau terganggu oleh suatu hal, usia yang bertambah tua dan depresi menambah daftar penyabab insomnia ini.
Solusi Insomnia: 
  • Ketika hendak mau tidur usahakan dalam 2-3 jam sebelumnya tidak mendengarkan berita atau sesuatu yang akan berdampak pada kesedihan atau perasaan tegang anda, kemudian jangan lupa juga untuk tidak bermain laptop ataupun komputer.
  • Jauhi Kopi, Teh, dan Soda dimana minuman-minuman ini yang menghambat untuk anda tidur.
  • Jika sudah berjam-jam anda berbaring serta di suasana gelap dan tenang dan kemudiantidak bisa tidur juga, pastikan anda harus merubah tempat tidur anda, seperti saya semalam, langsung pindah ke ruang tamu dan menyalakan tv, tujuannya adalah kita berada di tempat yang fresh tentu pikiran kita juga akan fresh, serta suara tv akan membagi  pikiran kita, yang membuat kita bisa tertidur.
  • Mandi hangat, minum susu atau air hangat dapat membantu anda untuk merileks tubuh dan pikiran anda.
  • Terakhir jangan minum obat tidur, dan jika tidak dapa tidur berhari hari segera hubungi dokter.
Itulah beberapa tips yang dapat di sampaikan, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Penyebab dan Solusi Ketika Mengidap Insomnia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Randi Bouty

2 comments:

  1. jangan main hape sebelum tidur karena membuat kita terjaga.
    solusi satu lagi membaca buku atau belajar, karena saat kita belajar kita ngantuk dan tidur :D

    ReplyDelete